Pages

July 27, 2012

Kulit Pastry

     
    Walau sekarang banyak kulit pastry instan yang dijual di spm, aku lebih suka buat kulit pastry sendiri. Rasanya beda aja. Aromanya juga lain karena yang homemade lebih sedap bau butter daripada yang instan. Cara membuatnya juga mudah, tidak seberat membuat roti. Tinggal giling, lipat dan sabar menunggu. Dan menurutku tingkat kegagalannya juga rendah. Aku yang amatiran begini juga bisa buat sekali jadi di percobaan pertama :)).

Bahan

- 2 cup tepung all purpose (segitiga biru) ----> kemarin sempat coba-coba buat dengan pastry flour. Kalau mau coba juga, komposisinya ada di bawah yaaa...^^
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt air perasan lemon
- 2/3 cup air es + 1 sdm air
- 1 cup (200 gram) unsalted butter, suhu ruang.

            
Cara mengolah :

1. Campur tepung dan garam dalam wadah, aduk rata. Lalu buat lubang di tengahnya, tuang air lemon dan air. Uleni dengan tangan hingga adonan lembut.
2. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik wrap. Masukkan ke dalam kulkas selama 20menit.
3. Pipihkan butter, lapisi kedua sisinya denga kertas minyak/roti.
4. Keluarkan adonan dari kulkas. Pipihkan di atas alas yang sudah ditaburi tepung dengan bagian tengah agak tebal.
5. Lepaskan kertas minyak, lalu letakkan butter pipih tadi di atas adonan. Lipat adonan ke arah dalam seperti amplop hingga seluruh butter tertutup adonan.
6. Giling adonan memanjang hingga kurang lebih 40cm. Lalu lipat menjadi 3 bagian.
7. Giling lagi memanjang hingga kurleb 40cm. Lipat menjadi 3 bagian. Bungkus dengan plastik wrap. Lalu simpan di dalam kulkas selama 40 menit.
8. Ulangi langkah 6-7 hingga 2-3 kali.
9. Adonan kulit pastry siap digunakan.
*Note: Waktu yang tertulis adalah waktu minimal. Karena kemarin adonan kudiamkan di kulkas sampai berjam-jam juga nggak masalah :)*


Homemade Pastry Flour
2 cup Pastry flour = 1 1/3 cup (175gram) all purpose flour (terigu segitiga) + 2/3 cup (80gram) cake flour (terigu kunci)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...