Pages

October 19, 2011

Klapertaart

     Blogku udah agak bulukan kayanya nih....dilap-lap dikit biar cakep ah hehehe....udah hampir 2 bulan dianggurin. Sang nyonyah sibuk berat....sibuk diundang makan2 dan 'konser' hihihi. 
Konser yang seminggu 3 kali ini memang bener2 menyibukkanku, apalagi ditambah amanah jadi wali kelas. Alhamdulillah nikmaaaattt.....lumayan mengurangi kebosanan di dapur (padahal emang lagi muales ^__^).

Nggak tau kenapa kok tau2 pengin nyoba bikin klapertaart. Boro2 tau rasanya, lha wong ngeliat wujud aslinya aja belum pernah jhe...Dan karena rasa penasaranku yang lumayan tinggi (:P), jadilah 6 cup klapertaart pertamaku. Bikinnya setengah resep dulu buat uji coba dan alhamdulillah semua suka...
Ni dia penampakannya....
 

    Yang ini buat pake 4 kuning telur ( 1 resepnya pake 8 kuning telur). Hasilnya masih agak2 ambles..tapi alhamdulillah rasanya memuaskan.

     Yang kedua, aku pakai resep klappy wilton, nyontek di blognya mbak Riana. Cuma pakai 6 kuning telur, tapi untuk toppingnya pake 12 putih telur, biar tebel, nggak kempes kaya yang dulu ^__^. 6 Put-tel dari pisahan kun-tel tadi, 6nya lagi ambil stok put-tel di kulkas. Lumayaaaannn...stok put-telku jadi agak berkurang hehe..
      Walau cuma pake 6 telur (+6 put-tel stok kulkas), jadinya banyak banget. Bisa dibagi 2 buat potluck di pengajian dan acara perpisahan. Tapi di acara perpisahan, klappynya nggak laku karena tuan rumahnya nggak punya stok piring dan sendok kecil, jadi nggak kemakan deh tu klappy. Alhamdulillah my sister yang doyan banget sama klappy, mbak Atien, bersedia menghabiskan 1 pinggan klappy-ku di rumahnya. Kekenyangan deh tu hahaha....



     Klapertaart
Bahan: 
- 1000 cc fresh milk ----> lagi nggak ada stok, jadi pake susu bubuk dikasih air sampe 1000 cc aja deh
- 250 gr gula pasir
- 50 gr tepung terigu all purpose a.k.a segitiga
- 50 gr tepung custard -----> kalo nggak ada, bisa diganti sama maizena
- 50 gr tepung maizena 
- 150 gr mentega -----> aku pake 100 gram butter asin + 50 gram blue band
- 6 kuning telur
- 2 butir kelapa muda, potong2 ukuran sedang
- 100 gr kenari panggang, cincang -----> aku pakai almond panggang cincang (boleh diskip kalo nggak ada, tapi kurang greng rasanya hehehe)
- 1/2 sdt cinamon bubuk
- 3 sdm kismis

Topping (buat 2x lipat biar tebel):
- 6 putih telur
- 4 sdm gula pasir
- 2 sdm terigu
- kismis secukupnya, rendam air hangat, peras
- cinamon bubuk
- irisan kacang almond/kenari panggang/sangrai

Cara Membuat:
  1. Panaskan 800cc susu dan gula pasir
  2. Larutkan terigu, maizena, dan custard ke dalam 200cc sisa susu.
  3. Masukkan campuran susu-tepung ke dalam susu panas. Aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat, lalu tambahkan mentega. Aduk rata.
  4. Tambahkan kenari cincang dan cinnamon bubuk.
  5. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk rata
  6. Tambahkan kelapa muda, aduk rata.
  7. Masukkan ke cup/pinggan tahan panas hingga 3/4 tinggi loyang/cup. Bakar dengan cara ditim (au bain marie, liat note di bawah) dengan suhu 160 derajatC selama 15 menit sampai 1/2 matang.
  8. Topping: Kocok putih telur hingga setengah mengembang, lalu tambahkan gula pasir sedikit2. Kocok lagi hingga terbentuk puncak yg tumpul.
  9. Tambahkan terigu sedikit2 sambil diaduk perlahan hingga rata.
  10. Semprotkan/sendokkan adoan topping ke adonan 1/2 matang tadi. Panggang lagi dengan cara ditim selama kurang lebih 20 menit. 
  11. Angkat. Dinginkan. Lebih nikmat disantap setelah disimpan di kulkas. Tapi hangat2 juga enak kok, tapi masih lembek tekstur dalamnya :))
Note Au ain Marie:
     Biasanya pemanggangan dengan cara ditim ini, loyang/cup/ramekin direndam ke dalam loyang lain yang lebih besar dan berisi air.
     Tapi aku memakai cara yang agak lain. Air kuletakkan di cup2 kecil. Cup2 itu kuletakkan di bawah rak yang ada loyang klappynya. Misal, loyang klappy ada di rak ke-3 dari atas, cup2 berisi air ini diletakkan di rak ke-5 dari atas...
      Sebelum adonan klappy masuk, oven berisi cup2 air itu dipanaskan dulu.

Any questions? feel free to ask me ya....bukan sok jago, karna masih belajar juga. Tapi sharing info apa salahnya? hehehe...happy baking...jangan lupa baca BISMILLAH sebelumnya ^__*

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...