Pages

July 10, 2011

Homemade Milk Bread a.k.a Roti Tawar Susu

     Mumpung lagi musim rajin, hari ini bikin cemilan (cemilan bumil karna kalo pagi bisa laper berats hahaha) lagi...kalo masakan, sementara masih ilfil huehehehe.
     Kali ini bikin roti tawar, biar bisa dioles macem-macem sesuai selera. Tapi walo nggak dikasih olesan apa2, rotinya juga enak lho...nggak (istilah orang jawanya) sepo. Dalemnya moist, atasnya manis karena dioles campuran susu dan madu...yummmm...alhamdulillah anak2 dan bapaknya suka...:))




Roti Tawar

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi -----> tadi pake all purpose aja
2 1/4 sdt ragi instan
30 gram gula pasir
25 gram susu bubuk
1 butir telur ukuran L
300 ml air es
30 gram mentega putih
1 1/2 sdt garam halus ----> tadi cuma pakai 1 sdt
susu vaporated + madu untuk olesan

Directions:
1. Campur terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata
2. Tambahkan telur dan air es sedikit2 sambil diuleni sampai kalis
3. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Bulatkan. Diamkan 30 menit dalam wadah yang sudah dioles margarin, di tempat hangat.
(Note: step 2 dan 3 eikeh pkai mixer sampai lembut. Next diulen lagi pakai tangan sebentar kurleb 5 menit. Kalau masih kerasa lengket di tangan, taburi tempat mengulen dengan terigu sedikit2)
4. Kempiskan adonan. Timbang masing2 420 gram. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit. -----> tadi dibagi 2 suka2 sesuai ukuran loyang yang kupunya. Dan langsung digiling...alhamdulillah no problemo..^_^
5. Giling tipis memanjang. Gulung sambil dipadatkan dan ditekan.
6. Letakkan di 2 buah loyang 24x10x7 cm yang dioles margarin dan dialas kerts roti. Diamkan 75 menit sampai mengembang. -----> eike tadi pakai loyang suka2, jadi ukuran adonan disesuaikan dengan ukuran loyang. Mendiamkannya pun hanya 30 menit. But alhamdulillah adonan tetap mengembang sempurna.
7. Oles dengan campuran susu evaporated dan madu. Oven 25 menit dengan suhu 190 derajat Celsius -----> Tadi kuoven 150 derajat Celsius selama 20 menit doang..:))

**Hasil modifikasi dari resep Roti Tawar di Buku Variasi Roti - Majalah Sedap

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...