Pages

July 16, 2011

Rainbow Roll Cake

      Daripada bedrest nggak ada kegiatan, ambil laptop, blogging deh. Share2 resep yang dulu pernah dibuat. Salah satunya roll cake favoritku jaman kecil dulu, bolu gulung pelangi. Dulu seneng banget kalau ibu beli kue ini di toko roti PURIMAS. Makannya bisa rebutan sama adikku semata wayang.
     Kali ini aku buat dengan memodifikasi resep bolu gulung vanila di buku CAKE EKONOMISnya mbak Ambarini. Margarin cairnya kuganti dengan minyak sayur. Kenapa? karena kalau pakai minyak, saat diaduk2 untuk mencampur warna, adonannya jadi nggak kempis. Biasanya kalau adonan yang pakai margarin/mentega cair terlalu banyak diaduk, adonan nanti bisa kempis, dan akibatnya bolu jadi bantet.


Rainbow Roll Cake
Bahan-bahan:
  • 5 butir telur ukuran sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr tepung terigu protein sedang (all purpose)
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt cake emulsifier (SP)
  • 100 gr minyak sayur
  • pewarna/pasta coklat, pandan, stroberi @2tetes
  • selai stroberi/buttercream untuk olesan
Directions:
  1. Siapkan loyang 26 x 26 x 3 cm yang telah dialas kertas roti dan dioles margarin.
  2. Kocok gula dan telur hingga gula larut. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, vanili dan SP. Kocok hingga kental dan mengembang. Cirinya, saat pengocok mikser diangkat, adonan akan mengalir turun seperti pita.
  3. Masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan spatula. Caranya, belah adonan di tengah, lalu putar balik ke kanan atau kiri. Lakukan hingga minyak tercampur rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, lalu masing2 diberi pasta coklat, pandan dan stroberi. Aduk rata.
  5. Tuang adonan satu persatu dari salah satu sisi terpanjang loyang. Urutan warnanya bisa sesuka hati.
  6. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat C selama 15 menit di tray tengah. Jika bagian atasnya masih kurang kering, kecilkan api, nyalakan api atas saja atau naikkan ke tray atas.
  7. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven, balikkan bolu di atas serbet makan bersih (agar bolu tak lengket). Jika menggunakan olesan selai, selai bisa langsung dioles saat bolu panas, gulung perlahan, rapatkan. Diamkan dalam gulungan hingga dingin agar benar2 padat. Baru setelah itu buka gulungannya, potong2 sesuai selera. Hidangkan.
  8. Jika menggunakan olesan buttercream, bolu didiamkan dulu hingga dingin sebelum dioles. Langkah selanjutnya sama seperti dia atas.


    No comments:

    Post a Comment

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...